Entri Populer
-
Tujuan : 1. Dapat membongkar, mengidentifikasi kerusakan, memperbaiki kerusakan, memasang kembali komponen poros penggerak roda s...
-
Pengertian Propeller Shaft Propeller shaft atau poros propeller (pada kendaraan FR dan kendaraan 4WD) berfungsi untuk meminda...
-
Pengertian Rear Axle Shaft Axle shaft atau poros penggerak roda adalah salah satu komponen sistem pemindah tenaga, merupakan po...
-
Tujuan Siswa dapat membongkar poros propeller dan diferensial dengan benar Siswa dapat menganalisa dan menget...
-
Bagian - bagian Roda Gigi Differensial 1. Differential case. - Berfungsi untuk meneruskan tenaga putaran dari ring gear menuj...
-
Definisi Dan Pengertian Final Drive (Penggerak Akhir) Susunan roda gigi penggerak akhir adalah pegurang kecepatan yang biasanya diperlengk...
Selasa, 13 Januari 2015
Final Drive
Definisi Dan Pengertian Final Drive (Penggerak Akhir)
Susunan roda gigi penggerak akhir adalah pegurang kecepatan yang biasanya diperlengkapi dengan satu atau dua set roda gigi lurus dan pinion boss roda gigi penggerak akhir.
Prinsip yang dipergunakanpada transmisi dimana kecepatan rotasi dikurangi dan momen puntir ( torque ) ditambah oleh sejumlah roda gigi yang dipergunakan pada penggerak akhir.
Masing-masing bak penggerak akhir ( final drive case ) dipasang melebar keluar dari bak roda gigi tirus ( bevel gear case ) pada masing-masing sisi. Dengan memilih perbandingan kecepatan yang tepat momen puntir ( Torque ) sebelum ke penggerak akhir ( final drive ) dapat diperkecil. Dengan demikian, transmisi yang sama, poros roda tirus ( bevel gear shaft ) dan lain-lain dapat dipergunakan yang sama pada berbagai jenis model mesin.
Roda gigi penggerak akhir ( final Drive gears ) dapat dihadapkan pada tekanan permukaan yang besar disebabkan oleh beban goncangandan benturan ( shock and impact loads ), yang mana memerlukan perhatian ekstra untuk seleksi oli pelumas dan mencegah masuknya benda asing ke dalam bak penggerak akhir ( final drive cases ).
Perbandingan reduksi normal berada diantara 1/9 sampai 1/12 untuk perbandingan reduksi yang lebih kecil dipergunakan sistem reduksi tunggal ( single reduction system ). Untuk perbandingan reduksi yang besar dipergunakan sistem reduksi ganda atau sistem roda gigi planet. ( Double reduction system or planetary gear system ).
Jenis-jenis penggerak akhir :
1. Single reduction final drive shaft ikut berputar ( D31A - 17, D319Q - 17 ).
2. Single reduction fixed final drive shaft ( D20S - 1,2,3 s/n 7 - 478 ).
3. Double reduction ( D50/53A - 17, D75S - 5, D80/85A - 21, D150/155A - 2 ).
4. Planetary gear type rigid ( D355A - 3, D455A - 1 ).
5. Planetary gear type semi rigid (D2675A - 2, D375A - 2, D475A - 2 ).
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar